Senin, 28 Juni 2010

Tanya Jawab PS 2 HDD Turitorial

FAQ di buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan newbie seputar pemakaian hrd disk di PS2. Jika masih ada kekurangan nanti bisa di tambahin. Oke deh tanpa berbasa basi silahkan di baca FAQ ini. Kasih masukan juga pertanyaan apa lagi yang belum di tampung.

T : Tanya
J : Jawab

T : Apakah benar PS2 bisa dipasang hard disk, fungsinya untuk apa?
J : Yup PS2 bisa dipasang hard disk, fungsinya saat ini adalah sebagai media pengganti optik dalam memainkan game-game PS2, bisa juga untuk menyimpan cheat code kalau menggunakan codebreaker 9.2.

T : Sebagai media pengganti optik? Bisa dijelasin gak bagaimana cara kerjanya?
J : Cara kerjanya adalah game-game yang ingin dimainkan di copy dulu ke hard disk ps2, kemudian dengan menggunakan software khusus yang di sebut hdloader bisa memainkan list game-game yang sudah di copy tadi.

T : Hmmm, keuntungannya apa kalau kita pakai hard disk?
J : Keuntungannya adalah loading game yang lebih cepat dan menghemat pemakaian optik.

T : Kalau saya masih tetap mau menggunakan optik bagaimana? Kayaknya kalo pake hard disk keliatannya ribet.
J : Tidak jadi masalah tapi yang harus diperhatikan adalah kualitas dvd/cd copyan saat ini yang beredar tidak bagus dan mengharuskan optik bekerja lebih keras untuk membacanya, jika masih menggunakan PS2 tipe lama (seri 3 & 5) harga spare part untuk optiknya sangat mahal sekitar 700-ribuan sedangkan untuk tipe slim (seri 7) sekitar 200-ribuan. Untuk spare part tipe lamapun sekarang sudah sulit untuk mencari yang baru karena officially sony sudah menghentikan produksi PS2 tipe lama. Dan satu lagi jangan pernah menggunakan PS2 untuk memainkan film DVD dan memainkan game PS2 yang bukan DVD kuning (disc putih) karena dua faktor itu bisa memperpendek usia optik.

T : Hmmm, ok jika saya ingin menggunakan hard disk apa saja yang dibutuhkan?

J : Yang dibutuhkan adalah :
1. 1 unit PS2 (ya jelas dong)
2. a. 1 unit network adapter (jika menggunakan PS2 seri 3 & 5)
Gambarnya seperti ini



Pasangnya begini











b. atau HDCombo (jika menggunakan PS2 slim)
3. 1 unit hard disk

4. pasang modchip (bagi yang masih punya PS2 yang belum di modip)

5. software loader seperti HDLoader Fully Patched 0.7e atau Free HDLoader 3.5.3/3.5.2.

6. software untuk copy game ke hard disk PS2 sepeti winhiip 1.7.6.


T : Ok I get it, tapi untuk poin 2 kok ada dua item memangnya beda yah PS2 tipe 3 & 5 dengan PS2 tipe slim? Bedanya dimana?
J : Yup beda, kalau PS2 tipe 3 & 5 officially mendukung pemakaian hard disk bahkan sony menyediakan ruang tambahan untuk meletakkan hard disk, tapi untuk tipe slim dengan alasan efisiensi dan portability Sony merombak ulang desain PS2nya sehingga ruang yang tadinya ada untuk hard disk dibuang, power supply terpisah dan kipas juga dibuang.

T : Wah PS2 saya tipe slim nih, gimana caranya kalau saya mau pasang hard disk?

J : Masih bisa dengan menggunakan HDCombo, sejenis casing tambahan untuk PS2 slim untuk meletakkan hard disk. Untuk tipe slim perlu di lihat tipenya untuk PS2 slim versi 14 tidak bisa dipasang hard disk karena sony membuang IDE portnya, PS2 slim versi 14 ini kode awalnya 75xxx (info ini masih perlu di cross cek lagi).

T : Saya punya PS2 tapi saya tidak tau apakah sudah pasang modchip ato belum, bisakah PS2 saya di pasang hard disk?
J : Jika PS2-nya bisa maenin game-game copyan maka PS2 itu sudah dipasang modchip, permasalahannya adalah apakah modchip tersebut sudah mendukung pemakaian hard disk atau belum? Untuk modchip tipe lama seperti messiah itu belum mendukung pemakaian hard disk, untuk modchip minimal Magic sudah mendukung pemakaian hard disk biarpun belum bisa booting dari MC atau hard disk.

T : Emang bedanya apa antara modchip lama dengan yang baru?
J : Modchip tipe lama yang seangkatan dengan Messiah belum mendukung pemakaian network adapter untuk broadband internet sedangkan modchip baru sudah mendukung pemakaian network adapter untuk broadband internet.

T : Oya network adapter, bisa jelasin gak fungsinya untuk apa, apakah hanya untuk hard disk doang? Kok namanya network adapter?
J : Network adapter adalah sebuah add-on device untuk PS2 tipe 3 & 5 agar bisa melakukan online gaming seperti FFXI, dan juga ada IDE port tambahan untuk pemasangan hard disk. Di sebut network adapter karena fungsi utamanya memang untuk jaringan dan network adapter ini ada dua jenis, yang pertama ada dua port RJ-11 untuk telepon dan RJ-45 untuk jaringan, sedangkan jenis yang kedua hanya ada satu port RJ-45 saja.

T : Ok sekarang aku udah ngerti, nah sekarang saya pengen pasang hard disk nih, kira-kira kapasitasnya berapa yah? Terus apakah semua merek hard disk bisa digunakan atau memang ada hard disk khusus untuk PS2?
J : Officially Sony pernah keluarin hard disk untuk PS2 pada saat peluncuran FFXI tapi kalau mau pakai hard disk yang biasa digunakan PC juga bisa kok. Tidak semua hard disk bisa digunakan untuk lebih pastinya silahkan cek di PS2 Hard Drive Compatibility Chart, di situ listnya lengkap tinggal cari aja hard disk mana yang mau dipakai, buat acuan cari hard disk merek maxtor atau seagate sampai saat ini maxtor paling kompatibel. Dan pastikan kecepatan RPMnya 7200 untuk kapasitas minimal 40 GB biarpun sebenarnya pakai yang kurang dari itu juga bisa.

T : Oh bisa yah, kalau saya pakai yang 10 GB bisa gak? Berapa game yang bisa di copy?
J : Bisa, paling cuma bisa nampung 2 game, game-game PS2 mempunyai kapasitas kurang lebih 4GB kalau pake DVD kuning, kalau cd putih bisa 700 MB-an tapi ada juga DVD disc putih seperti Fatal Frame pertama masih pakai DVD disc putih itu kapasitasnya 2GB-an.

T : Saya sudah pasang hard disk terus apalagi yang harus saya lakukan? Bagaimana cara mengcopy game ke hard disk?
J : Untuk step by step bisa di donlot tutorialnya di link di atas.
Untuk mengcopy game ke hard disk ada beberapa cara,
1. Cara pertama dengan menggunakan optik PS2, jalankan program Hdloader setelah keluar menu ada pilihan Install, Rename, Remove. Untuk Install pilih install nanti hdloader minta dvd ps2, pilih OK biarkan proses copy berjalan. WARNING!!! Cara ini sangat tidak dianjurkan karena akan memperpendek umur optik.
2. Cara kedua dengan menggunakan PC sebagai media, caranya pasang hard disk di PC bisa menggunakan USB external hard disk closure atau langsung colok di kabel IDE. Jalankan program winhiip, pilih hard disk, pilih add image, pilih dvd drive. Masukkan gamenya, nanti akan muncul gambar di bawah ini, masukkan nama gamenya di Menu Game, masukkan compatibility mode, pilih Install. Setelah selesai tekan OK.
3. Cara ketiga bisa menggunakan PC tanpa harus colok hard disknya ke PC dengan memanfaatkan koneksi jaringan yang ada di network adapternya. Cara ini boleh dibilang paling ribet karena harus mengaktifkan lan port di PS2 dengan menjalankan aplikasi FTP server dan menjalan aplikasi hdldump di dua sisi. Udah ribet transfer ratenya hanya 1 Mbps.

T : Apakah itu compatibility mode?
J : Compatibility mode adalah special feature dari hdloader, fungsinya adalah sebagai switch untuk menjaga kompatibilitas game. Beberapa game ada yang perlu mengaktifkan 1, 2 atau lebih option agar bisa dijalankan dengan hdloader. Untuk daftar lengkapnya bisa melihat di Console-Exploits.com - Video Game Console Exploits and Modification.

T : Bagaimana jika ada game yang sudah di coba mengaktifkan semua mode tapi masih tidak bisa dimainkan? Apakah itu game berarti tidak kompatibel? Bagaimana caranya agar game tersebut bisa dimainkan?

J : Ya, game tersebut kemungkinan besar tidak kompatibel, jika game tersebut populer maka biasanya akan dibuatkan patch untuk hdloadernya atau patch untuk image gamenya.

T : Wah asyik juga main game di PS2 tidak perlu lagi pakai optik, tapi persentase kompatibilitasnya bagaimana?

J : Saat ini kompatibilitasnya boleh di bilang sekitar 70 - 80% dalam artian tidak semua game bisa berjalan dengan bagus tapi karena pendukung PS2 di luar banyak dan developernya juga masih aktif maka bisa dipastikan jika ada masalah inkompatibilitas bisa ditangani dengan patch tambahan.

T : Bagaimana caranya memainkan game-game yang ada di hard disk?
J : Dengan menggunakan aplikasi yang namanya HDLoader, saat ini ada dua HDLoader yang dipakai, yang pertama HDLoader Fully Patched 0.7e dan Free HDLoader 3.5.3.

T : Kok bisa ada dua, apakah dua-duanya sama?
J : Secara fungsi iya, secara programming berbeda. Free HDLoader 3.5.3 di develop oleh orang perancis dan menggunakan HDLoader versi 0.6 sebagai basisnya sedangkan HDLoader Fully Patched 0.7e di develop oleh salah satu user di ps2hd.com dan menggunakan HDLoader Fully Patched 0.7c sebagai basisnya. Perbedaan keduanya berada di menu compatibility modenya, untuk Free HDLOader 3.5.3 secara otomatis sudah mendukung game seperti Suikoden V, Shadow of The Colossus; sedangkan HDLoader 0.7e harus mengaktifkan dulu compatibility mode jika mau memainkan Suikoden V dan Shadow of The Colossus.

T : Bagaimana cara menggunakannya?
J : Ada dua cara dengan menggunakan CD atau booting dari MC / HDD.
1. Jika menggunakan CD maka semua modchip bisa menggunakannya, cukup masukkan cdnya dan nyalakan PS2nya.
2. Sedangkan jika booting dari MC / HDD, maka modchipnya pun harus yang bisa melakukan booting dari dua device itu, di Indonesia yang bisa modchip Venus dan Modbo (Matrix Infinity Clone).


T : Ok saya sudah mendownload Free HDLoader 3.5.3 dan HDLoader 0.7e, kenapa extensionnya iso? Bagaimana cara menggunakannya?
J : ISO adalah cd image, untuk dapat menggunakannya harus di burn dulu dengan menggunakan Nero atau Alcohol 120%.

Created by : www.rrcentralgames.com - Cirebon